Hi.. Ini Aku di 2024 Ingin Menyapa Diriku di 2020

Teras Puan
2 min readJun 15, 2024

--

Halo…

Aku yang duduk hari ini adalah kamu yang dulu cemas akan banyak hal mulai nanti setelah S1 mau ngapain, hidup mau dibawa kemana, bisa lulus kuliah apa ngga, tujuanku sebenernya apa, yang katanya gamau jadi guru lah kok sekarang ngajar di salah satu sekolah swasta pesantren nyambi les anak SD pula wkwk plot twist banget ya hidupmu, udah ada pasangan belum ya? haha..

Lima bulan ini (Februari-Juni 2024) kamu akan merasa stres banget, mulai dari pekerjaan yang membuatmu bingung, ini aku mampu ngga ya ngerjainnya, kenapa aku tetep susah beradaptasi dengan rekan kerja, kenapa aku gampang banget menilai orang dari awal ketemu “aku kayanya bakal ngga cocok sama orang ini” dan bener.

Hari ini setelah 5 bulan aku bingung, akhirnya aku melepas salah satu amanah yang diberikan padaku. Ya, aku jadi *********** tapi dalam lubuk hati paling dalam aku ngga mau. Kenapa begitu? banyak hal. Mulai dari rumahku yang jauh dari lokasi kerja (butuh 20 menit dan kamu menempuhnya dengan kecepatan 60 km/jam), jam kerja disiang hari, belum lagi malamnya musti ngelesi anak SD yang mana juga ngikut lembaga bimbel, jadi mau ngga mau performa kudu bagus. Hari ini aku dan ibu membuka bisnis baru yang pastinya tiap pagi pasti akan sibuk sampe siang. Kalau dipikir-pikir kayanya aku ngga akan kuat memegang amanah sebagai bendahara. Disisi lain aku kebingungan dengan pekerjaan itu.

Dan tiba-tiba, di hari Minggu siang kamu ngeberaniin diri ngadep Kepala Sekolah buat bicara akan hal itu. Konsekuensinya banyak, kamu mulai ngga nyaman di lingkungan kerjamu, kamu mulai merasa sendirian, dan akhirnya kamu tetep ngejalani itu. Ada banyak hal yang diluar kendalimu termasuk prasangka orang lain dan itu nggapapa.

Kamu ngga akan nyangka sih kalau ternyata kamu bisa design, kamu pernah freelance desain feed instagram selama 4 bulanan. Kamu sekarang juga desain feed IG dan FB milik sekolah. Meski pakai canva dan hasilnya ngga seperti orang lain, tapi kulihat kamu berjuang akan hal itu. Kamu belajar tiap hari dan tidak berpuas diri.

Kamu dulu yang ngga mau jadi guru, sekarang kamu udah 2 tahun ini loh ngajar anak SMP dan SD. Kamu hebat. Kamu yang dulu ngga berani didepan orang banyak, sekarang kamu bisa walaupun butuh banyak keberanian untuk berhadapan dengan teman sebaya maupun yang lebih tua.

Umurmu? 26 tahun. Udah punya pasangan atau calon? haha belum. Doamu kurang kenceng. Ngga sih, emang belum waktunya. Di usia ini kamu belum siap untuk berkomitmen, belum siap untuk menjalani dunia pernikahan, perlu banyak belajar. Emang ngga pengen? Kamu pengen banget punya pasangan. Kamu butuh ngobrol. Kamu butuh selesai dengan dirimu sendiri. Nggapapa pelan-pelan aja.

Sekarang ngapain? Kamu sekarang lagi duduk desain idul adha sambil dengerin Rehatnya Kunto Aji. Perasaannya? Masih bingung dan sedang menjalani konsekuensi yang kamu ambil di hari Minggu. haha…

Udah ya, maaf banget nih aku udah jarang nulis. Kukira aku udah hidup normal, nyatanya aku butuh menuangkan isi pikiranku. Semoga setelah ini hidupmu lebih baik lagi, ditemukan dengan jodoh diwaktu yang tepat dan sama-sama di versi terbaik, pekerjaanmu lancar semuanya, begitupun perasaanmu semoga segera membaik. Semoga keberuntungan menyertai dunia dan akhiratmu.

see u aku..

--

--

Teras Puan

Awkward dengan orang baru maupun orang yg sudah lama ga ketemu. Menulis karena cemas. Manusia INFJ-T